Rabu, 03 Maret 2010

android indonesia

Ario Wicaksono Yulianto (1M071088)
komunitas android Indonesia yang tergabung dalam www.android-indonesia.com dan hubungannya dengan pembangunan relathionship marketing.
a. Pengertian android
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomm, T-Mobile, dan Nvidia. Keunggulan dari produk handphone android ini adalah mempunyai koneksi internet 24 jam nonstop, serta dilengkapi dengan fasilitas push email,dimana para pengguna android dapat menerima dan mengirim email dengan cepat semudah mengirim SMS, selain itu mereka dapat online melalui situs jejaring social seperti Facebook dan Twitter. Dengan sesama penguna android mereka dapat chatting menggunakan Pmessenger diamana pengguna android bisa terhubung dengan pin blackberry,iphone,nokia ataupun handphone lainnnya. Os android juga sebagai suatu alat komunikasi dapat digunakan sebagai penunjuk arah dan peta online dengan menggunakan GPS ( General Positioning System) serta penggunaan aplikasi pendukung lainnya yang bisa didapatkan dengan mengunduh secara gratis atau berbayar.
b. Komunitas android
Sekumpulan manusia yang mempunyai kesamaan visi,misi dan tujuan disebut dengan komunitas. Sekarang dengan perkembangan jaman dan internet, suatu komunitas bisa bertatap langsung secara on-line ataupun secara off-line.Komunitas para pengguna android Indonesia meningkat dari tahun 2010. Kenaikan jumlah pengguna ini sempat membuat para pesaingnya seperti Nokia ,Blackberry dan Sony Ericcson sebagai market leader sempat tergeser. Komunitas android ini  juga merupakan implementasi dari konsep pemasaran holistik yang merupakan salah satu komponen dari pemasaran holistik adalah relationship marketing. Komunitas virtual ini bisa menjadi pasar yang potensial untuk mengembangkan sebuah bisnis didalamnya, karena di dalam komunitas tersebut akan terbentuk kepercayaan dan loyalitas pada sebuah produk dari konsumen.
c. Kesimpulan
Dari uraian diatas maka saya simpulkan bahwa suatu komunitas yang tergabung dalam portal forum www.android-indonesia.com. diamana dalam situs tersebut terbuka untuk umum,yang didalamnya ada forum yang membuka obrolan ataupun pertanyaan-pertanyaan mengenai android. Ada menu yang dianamakan interaksi,diamana tempat berkumpulnya anak-anak android ditiap daerah di Indonesia. Banyak rubric yang diobrolkan,dari mulai perkembangan operating system, ajang kumpul-kumpul dan aplikasi terbaru yang disharekan untuk bisa berbagi. Banyak keuntungan bagi para pemula android untuk bisa lebih mengenal android secara maksimal. Adanya forum android Indonesia,dibuat untuk membuat konsumen merasa puas dan membangun suatu loyalitas dengan cara yang inovativ diamana relationship marketing berkembang dalam dunia bisnis android, karena Google.inc menyadari bahwa untuk mengembangkan dan mempertahankan suatu bisnis, tidak hanya dengan mendapatkan pelanggan yang banyak tetapi juga bagaimana caranya memeliharanya dan mempertahankan pelanggan tersebut. Yang berguna untuk meningkatkan pertumbuhan jangka panjang perusahaan dan kepuasan maksimum pelanggan. Pelanggan yang baik merupakan suatu aset dimana bila ditangani dan dilayani dengan baik akan memberikan pendapatan dan pertumbuhan jangka panjang bagi Google.inc
Community building yang dibangun www.android.com dimaksudkan untuk membangun hubungan antara pelanggan agar memberikan informasi atau saran dan untuk menciptakan suatu hubungan yang baik antara pelanggan dengan perusahaan Google.inc contohnya dengan memberikan websites khusus untuk konsumen indonesia www.android-indonesia.com yang ingin memberikan saran dan kritik, dimana dalam websites tersebut pelanggan juga bisa melihat produk terbaru dari perusahaan. Hal ini dilakukan dengan harapan akan ada hubungan yang baik antara pelanggan, maka akan terjadi ikatan emosional yang semakin baik dan hal ini akan membantu untuk menciptakan ikatan yang semakin harmonis dengan pelanggan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar